Rumah Berbahan Kayu
February 1, 2017
Rumah Mewah Adat Bali
April 6, 2017
Show all

Dalam dunia anak pasti kita sering mendengar kata bermain, kegiatan yang di lakukan dalam rangka menyenangkan diri ini sering anak-anak lakukan bersama teman teman mereka, sebenarnya dari segi lain bermain ini secara tidak langsung dapat memberikan pelajaran beberapa hal kepada anak yaitu, mengajarkan anak agar dapat bersosialisasi terhadap orang lain, menyalurkan emosi atau bakat anak serta dapat merangsamg daya pikir anak, namun terkadang kita sebagai orang tua merasa khawatir jika melepas anak bermain pada area luar yang tentunya masih terbilang “bahaya” bagi anak seumuran mereka, oleh karena itu kita sebagai orang tua haruslah pintar-pintar dalam memberikan solusi yang tepat bagi anak kita, dan salah satu caranya ialah dengan membangun sarana bermain untuk anak kita pada rumah kita, sehingga kita dapat mengawasi atau memantau aktivitas mereka, nah pada kesempatan kali ini berlinhappens.com akan memberikan informasi yang tentunya dapat berguna untuk anda, yaitu tentang desain ruang tempat bermain untuk anak-anak yang berada dalam sebuah rumah, sehingga anak anda dapat bermain dengan aman dan sepuasnya bersama teman-temannya di dalam rumah anda.

tempat bermain anak dirumah

tempat bermain anak dirumah

Desain ruang untuk anak bermain didalam rumah harus mempunyai sirkulasi udara yang bagus juga, karena dalam bermain si anak pasti membutuhkan udara yang segar karena bermain banyak mengeluarkan tenaga dan membutuhkan banyak oksigen, jangan sampai anak menjadi lemas dan cepat lelah karena sirkulasi udara yang kurang bagus, lalu seperti apakah desain yang cocok untuk  ruang bermain anak anda.

6 tips dalam membuat taman bermain anak :

  1. Meneliti Tingkat keamanan jenis permainanSebelum Anda membeli permainan outdoor ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu tingkat keamanan permainan tersebut dan sesuaikan dengan usia anak Anda saat ini. Untuk mengetahui jenis permainan anak, Anda bisa mencari sumber referensi di internet, namun akan lebih baik apabila Anda langsung mengeceknya di toko-toko yang menjual permainan tersebut.
  1. Membeli jenis permainan secara bertahap
    Mungkin Anda ingin membuat anak merasa lebih senang dengan membangun sebuah taman bermain untuknya, namun bukan berarti Anda menjadi lepas kontrol dengan membeli banyak jenis alat-alat permainan yang justru akan membuat taman bermain menjadi terlihat sempit. Belilah permainan tersebut secukupnya serta sesuaikan dengan lebar taman bermain itu sendiri.
  2. Membuat perkiraan area yang akan dijadikan tempat bermain
    Tentukan lokasi taman bermain dan sesuaikan dengan ukuran. Pertimbangkan pula dimana Anda akan menempatkan taman tersebut di samping rumah atau belakang rumah. Jangan lupa perhatikan juga lokasinya, lokasi taman harus aman dan mudah dilihat atau dipantau. Apabila terdapat objek lain di sekitar area tersebut misalnya pohon atau kolam ikan, tambahkan objek tersebut ke dalam sketsa rancangan taman bermain anak Anda.
  3. Meletakkan Permainan di posisi yang telah ditentukan
    Setelah rancangan taman telah selesai, waktunya menempatkan jenis permainan sesuai posisinya. Letakkan permainan secara bertahap. Perhatikan juga letak permainan satu dengan yang lain. Berikan jarak antar jenis permainan agar terlihat rapi dan untuk menghindari gesekan antar permainan.
  4. Menancapkan wahana permainan ke dalam tanah
    Untuk lebih memastikan bahwa wahana permainan tersebut aman saat digunakan, lebih baikn permainan tersebut ditancapkan secara kokoh ke tanah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan wahana permainan mudah roboh, terutama disaat angin dan hujan lebat. Maka dari itu, bersihkan rumput dan lumut di sekitar permainan tersebut untuk mempermudah dalam menancapkan tiang-tiangnya.
  5. Memasang setiap jenis permainan sesuai prosedur
    Kebanyakan wahana memilki sistem yang bertipe bongkar pasang. Jadi, sebelum bisa digunakan, wahana permainan tersebut harus dipasang mengikuti petunjuk yang telah disarankan. Berati-hatilah ketika sedang memasang karena secara umum bahan yang digunakan terbuat dari besi. Perhatikan dan pastikan antar penghubung besi-besi telah dikaitkan cukup kuat supaya anak Anda aman saat memainkan wahana permainan tersebut.

Berikut berbagai macam taman bermain anak didalam rumah:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

http://spacehistories.com/12-desain-ruang-bermain-anak-didalam-rumah/

http://www.caramembuatmu.com/2016/04/membuat-taman-bermain-anak-di-rumah.html

Sumber gambar :

http://rumahkuminimalis.net/wp-content/uploads/2016/01/tempat-bermain-anak-dalam-rumah.jpeg

http://berlinhappens.com/wp-content/uploads/2016/01/desain-ruang-bermain-untuk-anak-dalam-rumah.png

http://rumahbeton.com/wp-content/uploads/2016/01/contoh-tempat-bermain-anak-dalam-rumah.jpg

http://berlinhappens.com/wp-content/uploads/2016/01/kamar-bermain-bagi-anak.png

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *